Wednesday, September 10, 2014

My Life, My Adventure

Kali ini gue pengen cerita perjalanan hidup gue, dari kecil sampe besar seperti sekarang. Entah kenapa pas lagi dijalan tadi tiba-tiba gue terbesit dipikiran gue buat nulis cerita gue, itu lah namanya ide, kadang muncul sendiri seperti hantu yang datang tiba-tiba.


Nahh dimulai dari perkenalan nama kali yaa, biar formalitas dikit. Kenalin nama gue TRIKUSUMA AJI SAPUTRA, biasa dipanggil AJIE, maunya sih dipanggil PUTRA tapi temen-temen pada kaga rela manggil nama gue PUTRA.. :((. Gue ini hasil persilangan antara enyak babeh gue, babeh gue M. RIFAI BSc, beliau ini pensiunan PNS, sekarang lagi sibuk ngurusin kebun sawit aja, kalo enyak gue MARIA ULFAH, nahh beliau ini sibuk ngurusin rumah tangga. 

Enyak Babeh Tercinta
Gue ini anak ketiga dari 3 bersaudara, brother gue yang pertama itu ada AHMAD SURYA NATAKUSUMA konon katanya pas lagi enyak gue lagi hamil didatangin pangeran Surya Nata. Kemudian ada sista gue yang kedua PUTRI RIMA KUSUMADEWI, konon juga katanya pas enyak gue lagi hamil didatangin oleh Putri Junjung Buih. Nahh baru deh gue yang ketiga, mungkin gue didatangin batu kayaknya makanya nama gue jadi AJIE (BATU). Yang terakhir ini ada brother gue yang ke empat, namanya KUSUMAHADI MUHAMMAD YANUAR, kalo ini kononnya kaga ada. Kami emang keluarga KUSUMA, entah mengapa enyak ama babeh gue makai marga KUSUMA.
4 Kusuma

Dulu gue TK nya di TK Negeri Pembina, tepatnya di belakang kantor Bupati Tanah Laut. Siapa sangka ajie yang dulu pernah juara 3 dalam lomba mewarni tingkat TK pas di adain di GOR Pelaihari. Yang dulu waktu TK paling kaga bisa lepas dari enyak gue kalo lagi di sekolahan TK, akhirnya gue diakalin orang rumah kalo enyak gue sakit, terpaksa gue sekolah TK dulu sendirian aja, kaga didampingi enyak gue. =___=. Tapi berkat karena itu gue akhirnya mandiri kalo di TK, dulu mahh kalo enyak hilang dari pandangan gue, udah nangis aja gue dulu.

Saat TK
Nahh lanjut ke bangku SD, gue SD nya di SDN Pelaihari 2 tepatnya di belakang pasar. Ajie yang dulu pakai tas ransel gede tasnya udah hampir sama kayak badannya, soalnya badan gue dulu itu kecil men.. dulu lagi musim-musimnya pakai tas ransel yang ada rodanya kayak semacam tas dorong gitu, gue masih ingat banget tas gue dulu warna biru gambar dragon ball. Hahaha. Ajie yang dulu suka telat dijemputin babehnya, pas babeh udah datang Cuma gue aja lagi yang sendirian disekolahan nungguin jemputan, dulu sih gue suka nahan air mata supaya jangan nangis karena telat dijemput dan hasilnya mata gue merah men.. -__-. Dulu gue olahraganya keliling diluar lapangan bola hasan basri men, kebayangkan luas lapangan sepak bola itu gimana, alhasil tiap selesai pelajaran olahraga dirumah gue sering banget kesakitan kaki men, sampai-sampai gue iket tuu kaki pake tapih biar sakitnya hilang, kalo sakit banget bisa sampai nangis-nangis gue. Mungkin karena kaga terbiasa gue sama namanya olahraga, sampai-sampai jadi gitu gue. Tapi sekarang udah kaga lagi yang namanya sakit kaki gue kalo habis lari. Ajie yang dulu suka banget motong-motong kardus, terus bikin lampu-lampuan dari baterai dan bohlam, pokoknya ajie yang dulu suka banget bermain dengan listrik, sempat suatu ketika karena keingin tahuannya bohlam lampu dicoloknya ke colokkan listrik dan akhirnya kesetrum, syukur-syukur Cuma kesetrum ringan, kalo kesertrum banget bisa-bisa udah tinggal nama aja gue sekarang.

Saat SD

Hasil Imajinasi, Miniatur Pesawat
Kemudian di bangku SMP, gue dulu daftarnya di SMPN 1 Pelaihari, SMPN 2 Pelaihari dan MTsN 1 Pelaihari. Karena dulu kakek gue minta gue masuk ke sekolah agama, akhirnya gue masuk lah di MTsN 1 Pelaihari. Nahh disinilah semua kehidupan gue berubah, ajie yang dulu kecil pendek sekarang udah tinggi men, semua ini karena dulu sering banget latihan basket di sekolah. Dulu juga pas awal sekolah ajie sering banget ikut kegiatan pramuka, berawal dari regu SCORPION dan akhirnya terpilih menjadi squad utama pramuka disekolah KANCIL MAS. Dulu waktu pertama kali berkemah, saat acara jurit malam jalan kaki ke lapangan bola pertasi, bayangin aja deh tengah malam jalan kaki, halusinasi tentang hantu selalu aja bergentayangan, tapi karena itu gue jadi berani men, tapi kalo dirumah tetep takut hahaha. :D. Berbagai macam lomba sering banget gue ikutin saat pramuka di SMP dulu, bermodalkan dengan naik sepeda gue mengayuh dari rumah sampai ke sekolah demi hobi gue ini. Nahh dulu pas lagi booming nya artis Adly Fairuz, ada aja temen-temen gue yang bilangin gue mirip Adly Fairuz padahal kan Adly nya aja yang mirip-miripin sama gue. -___-.
Saat SMP
Saksi bisu perjalanan gue selama SMP
Setelah itu gue ngelanjutin sekolah gue di MAN Pelaihari, lagi-lagi karena kakek pengen gue masuk sekolah agama lagi. Gue mah oke-oke aja, karena Cuma di MAN Pelaihari gue diterima hahaha. Dulu gue masih diantar jemput, soalnya belum dibolehkan bawa motor sendiri, maklum masih belum cukup umur. Saat mau kenaikan kelas dulu gue kaget banget gue dapat peringkat 3, soalnya gue kaga terlalu pinter banget dibidang pelajaran, tapi karena itu gue akhirnya masuk ke kelas IPA, mungkin ini rencana Tuhan. Ajie yang dulu kecil, pendek, penakut, tapi saat SMA dulu sering banget jadi ketua kelas, bahkan jadi pemimpin upacara juga sering, bukan sering lagi, tapi hampir selalu, soalnya teman-teman cowoknya pada kaga mau. -___-. Jujur leadership gue terlatih saat di pramuka SMP dulu, disana gue dillatih menjadi pemimpin, bertanggung jawab terhadap tugas. Saat SMA dulu ajie sudah melepas kegiatan basketnya tapi aktif di kepramukaan, seperti di Saka Wira Kartika disini latihan kepramukaan ala militer, bahkan sampai sekarang masih aktif, tapi udah jadi sesepuh nya disana, terus sempat terjun di Dewan Kerja Ranting Pelaihari, melatih pramuka di SD Sarang Halang, melatih pramuka di SMPN 2 Pelaihari, bahkan terpilih menjadi ketua ambalan pramuka di MAN Pelaihari. Bisa dibilang masa SMA ini adalah masa-masa kejayaan gue didunia kepramukaan.
Saat SMA
Setelah SMA gue melanjutkan dibangku perkuliahan, karena dulu itu (bukan dulu aja sih tapi sampai sekarang) gue suka banget bermain dengan listrik gue pengen masuk ke ITB (institut teknologi bandung) tapi karena enyak gue kaga mau akhirnya gue masuk ke Unlam. Nahh proses gue masuk unlam ini rada aneh, setelah gue ngikutin tes seleksi SMUT tiba lah hari pengumuman, karena dulu sudah sistem online jadi ngeliatin pengumumannya tinggal liat di situs Unlam, bisa juga liat di koran Bpost. Deg-degan banget gue dulu pas mau masukin nomor peserta, pas udah gue masukin kemudian gue enter, keluar tulisan “ANDA BELUM LULUS” wihh kaget banget gue, gue coba lagi masukin ulang, siapa tau salah, dan hasilnya tetap aja itu. Gue dulu milih MIPA Matematika sama MIPA Ilkom, karena di matematika ada sepupu gue miky, kalo ilkom karena gue hobi banget ngutak ngatik komputer dari kelas 3 SD dulu. Karena tidak lulus akhirnya gue disuruh ortu gue buat ikut jalur mandiri, nahh saat itu terjadi perdebatan antara gue dengan ortu gue, gue pengen masuk FKIP Biologi maklum saat itu doi gue masuk disana, tapi ortu gue nyuruh masuk ke Matematika. Setelah ortu gue melakukan medisiasi dengan miky, akhirnya gue menyerah dan gue mendaftar di MIPA Matematika. Setelah itu temen gue ngabarin gue, kalo dikoran Bpost nama gue ada diterima di MIPA Matematika jalur SMUT yang kemaren, langsung aja deh gue cek lagi via Online, dan ternyata GUE BENAR-BENAR KETERIMA. Entah kenapa jadi bisa begitu, mungkin karena waktu itu gue kecepetan ngeceknya, soalnya pagi-pagi pas hari pengumuman gue langsung nge-cek via online tanpa nge-cek via koran.

Dan akhirnya gue masuk ke MIPA Matematika, entah dibilang tersesat juga kurang tau gue, tapi gue yakin ini sudah rencana Tuhan. Nah didunia perkuliahan ini gue lagi-lagi lebih aktif di organisasi, sejak awal masuk gue sudah terjun ke Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) saat itu gue masih sebagai anggota, gue juga aktif di BEM FMIPA dan HIMATIKA ‘REAL’ saat semester 5, dulu juga pernah gue ikut sebentar di MSC FMIPA tapi karena beda rasa akhirnya gue berhenti. Karena Leadership gue sudah ditempa di militer dan di kepramukaan gue dipercaya memimpin beberapa kegiatan seperti ketua kelompok 5 Paretto Makrab, ketua kelompok 22 LKMM, ketua pelaksana Expo Sigma, ketua KPM FMIPA, ketua pelaksana P2B FMIPA, ketua pelaksana WTH. Karena ada masalah dalam nilai belajar akhirnya gue mutusin berhenti disemua organisasi kampus. Bisa dibilang semester 1 s/d semester 5 itu adalah masa kejayaan gue di dunia organisasi, banyak pengalaman yang didapat dari sana.
Saat Kuliah
Ajie yang dulu dan sekarang sudah berubah, yang dulu cengeng, manja, kecil, sekarang sudah tumbuh dewasa, pengalaman lah yang membuatnya menjadi dewasa, terutama pengalaman di organisasi yang telah diikutinya. Masih panjang perjalanan hidup yang harus dilalui, masih ada tantangan di dunia kerja. Semoga dengan bekal pengalaman yang lumayan ini bisa membawa kesuksesan bagi diri sendiri dan orang-orang disekitarnya. :)

Itu tadi sepenggal cerita perjalanan hidup seorang mahasiswa Matematika yang sedang mengejar title Sarjananya. 


Quote dari gue, “Apa Yang Terjadi Semua Ini Adalah Rencana Tuhan, So Nikmati Prosesnya” 

No comments:

Post a Comment