Thursday, June 19, 2014

Nasib IP Kuliah di Matematika

Kalian pasti sudah tau apa itu IP, IP itu Indeks Prestasi atau dengan kata lain penilaian seorang mahasiswa atas mata kuliah yang diambilnya per semester. Kalau sudah tau, gue pengen cerita nasib IP gue kuliah di Matematika, tau kan apa itu MATEMATIKA.., sejenis makanan yang bisa memakan manusia.. apaan sihh.. +___+




Lanjut cerita, IP gue waktu awal masuk kuliah lumayan bagus masih 2,xx , tapi saat masuk ke semester 3 semuanya berubah, mata kuliah wajib yang gue ambil pelajarannya sangat mengerikan sekali, ada namanya Kalkulus Peubah Banyak, Persamaan Diferensial Biasa dan sebangsanya. Sebaiknya kalian kuatkan mental deh kalo mau masuk MATEMATIKA.. Nah saat semester itu IP gue jatuh banget jadi 1,xx , betapa sedihnya gue. Mungkin karena belajar gue kurang dan juga waktu itu gue lebih banyak ke Organisasi, tapi sebenarnya bukan masalah ikut Organisasi, yang jadi masalah itu MATA KULIAHNYA yang sangat susah.


Tapi, karena banyak teman-teman gue yang dapat IP sekian, gue tidak masalah, dan gue gak mau terpuruk begitu saja, setelah semester 3 selesai gue masuk ke semester 4. Dan disini gue bertemu lagi dengan mata kuliah yang mematikan bagi gue, yaitu Masalah Nilai Awal, dari namanya aja udah ketahuan cari MASALAH, kemudian ada Struktur Aljabar, ada juga Statistika Matematika. Disemester ini gue lagi-lagi dapat IP 1,xx , bagi gue IP 1,xx itu udah gak masalah lagi, karena emang mata kuliahnya yang susah lagian teman-teman gue juga pada banyak yang mengalamin IP 1,xx HAHAHAHA....

Tiba-tiba hasil IP gue sampai ke rumah orang tua gue, betapa kagetnya orang tua gue meliat IP anaknya 1,xx , dan disaat itu gue dimarahin habis-habisan. Gue dilarang lagi ikut organisasi, karena menurut mereka gue begini karena gue terlalu fokus ke organisasi ketimbang ke pelajaran. Ketika itu gue semester 5 dan masih aktif di Organisasi BEM KM FMIPA Unlam, dipertengahan kepengurusan gue pengen berhenti dari organisasi itu karena desakan orang tua gue. Tapi gue terus meyakinkan orang tua gue bahwa semester depan gue berhenti dari semua kegiatan organisasi.

Ketika semester 5 selesai dan nilai IP gue keluar, betapa senangnya gue karena IP gue naik menjadi 2,7x. Sebenarnya mata kuliah yang gue ambil saat itu LUMAYAN MEMATIKAN, ada Analisis Real, Aljabar Linier, dan juga Statisika Inferensi. Tapi karena pola hidup gue berubah ALHAMDULILLAH sangat memuaskan bagi gue. 

Sebenarnya taktiknya itu simpel aja, ambil mata kuliah yang enak dosennya dan juga mudah pelajarannya. Insya Allah pasti baik nilainya. Sekarang gue sedang menjajaki semester 6, dimana semseter ini juga lumayan susah, ada Analisis Real jilid 2 nya lohh... 


Quote dari gue, "Jangan selalu terpuruk dengan kegagalan, karena ada masanya kita akan berdiri diatas"

No comments:

Post a Comment